Satuan pendidikan : SD Negeri Budi Pekerti
Kelas / semester :
4 / 2
Tema / topic : Peduli Terhadap Makhluk Hidup/Hewan dan Tumbuhan dilingkungan
Rumahku
Petemuan ke : 1
Semester : 2 (dua)
Alokasi
waktu : 30 menit
KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KOMPETENSI DASAR
PPKn
3.3.. Menghargai kebhinekatunggalikaan dan keberagaman agama,
suku bangsa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, bahasa, pakaian
tradisional, sosial, dan ekonomi dilingkungan rumah,sekolah dan masyarakat
sekitar.
BAHASA INDONESIA
4.4 Mengakui dan mensyukuri
anugrah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat tekhnologi modern
dan tradisional, perkembangan teknologi social.
MATEMATIKA
2.4. Menunjukkan perilaku patuh, tertib dan
mengikuti prosedur dalam melakukan operasi hitung campuran
IPS
3.5 Memahami manusia dalam dinamika
interaksi dengan lingkungan alam, social, budaya dan ekonomi
IPA
3.1 Bertambahan
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dengan kompleksitas alam dan
jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya
dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
INDIKATOR
PPKn
1. Menjelaskan keselarasan
hidup antara hewan dan tumbuhan terhadap manusia dalam lingkungan sehari-hari
BAHASA INDONESIA
1. Menceritakan tentang kebiasaan hewan peliaharaan dan keanekaragaman
jenis tumbuhan
MATEMATIKA
1.
Menentukan
pecahan setelah mengamati gambar dan melengkapi table
IPA
1.
Menjelaskan
bentuk luar (morfologi) tubuh hewan dan fungsinya setelah mengamati gambar
IPS
1.
Menjelaskan
interaksi social,alam, budaya dan ekonomi yang berkaitan dengan hewan dan
tumbuhan
TUJUAN
1.
Setelah
mengamati gambar dan melengkapi tabel, siswa mampu menentukan nilai
2.
pecahan
dengan benar.
3.
Setelah melakukan eksplorasi dengan gambar dan diskusi
kelas, siswa mampu menentukan
4.
pecahan
yang senilai dengan pecahan yang ditentukan.
5.
Setelah mengamati gambar, siswa mampu menjelaskan
bentuk luar (morfologi) tubuh
hewan
dan fungsinya dengan benar.
6.
Dengan menggunakan bahan alam dan barang bekas, siswa
mampu membuat karya
C. MATERI
PPKn
v
Mengamati contoh keselarasan antara
hewan dan tumbuhan terhadap manusia
Contoh:
setiap hari libur sekolah, ima selalu merawat hewan peliharaan dan bunga- bunga
di taman.
BAHASA INDONESIA
v
Membuat puisi yang bertemakan hewan dan
tumbuhan
Contoh
:
Kupu-kupu
Kau
begitu indah
Kau
begitu cantik
Inginku
memeliharamu
MATEMATIKA
v
Menentukan pecahan angka,
siswa dapat membuat table berdasarkan pengamatan terhadap hewan dan tumbuhan
Contoh
: ayam 5 + sapi 3 + kelinci 5 = 13 hewan
Bunga
mawar 3 tangkai + bung melati 6 tangkai =
bunga
IPA
v
Menjelaskan
tentang struktur hewan dan tumbuhan disekitar tempat tinggal
Contoh
: perbedaan kucing angora dan kucing hutan
IPS
v
Menceritakan
tentang interaksi alam, social, budaya dan ekonomi
Contoh
: sapi membutuhkan makanan. Dia memakan rumput.
PENDEKATAN
& METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Peer Lessons
Teknik : Example
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah
1.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
siswa
berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan
pembelajaran)
2.
Guru
mengecek kehadiran siswa
3.
Semua Siswa menyanyi “ANAK
GEMBALA dan LIHAT KEBUNKU”
4.
Dilanjutkan
dengan bertanya jawab tentang syair lagu, apa yang digembalakan. Dan apa yang
ada didalam kebun
5.
Menginformasikan
Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang
“PEDULI TERHADAP HEWAN DAN TUMBUHAN”
|
5 menit
|
Inti
|
1.
(OBSERVING) mengamati gambar tentang kegiatan anak yang merawat
hewan ternak dan tumbuhan. (sesuai
dengan LKS) eksplorasi, mengamati, menyimak, mendengar)
Gambar anak mencakup
ciri-ciri:
·
Anak memandikan hewan
·
Anak
memberi makan hewan
·
Anak
mengembalakan hewan
·
Anak
menanam bunga
·
Anak
menyiram bunga
·
Anak
memberi pupuk
Jawaban berkembang sesuai dengan lingkungan sehari-hari hasil eksplorasi serta kemampuan siswa
|
20 menit
|
|
2.
(QUESTIONING)
·
Bertanya jawab tentang
kegiatan di rumah pada saat pagi hari
·
Memberikan
kesempatan kepada siswa lain untuk menjawab.
·
Pemerataan
siswa dalam menjawab (tidak di dominasi oleh salah satu siswa saja).
·
Memperhatikan
siswa lain yang tidak berani memberikan jawaban.
·
Mendorong keberanian siswa dalam menjawab dan sikap siswa dalam memberikan klarifikasi tentang benar dan tidaknya jawaban.
|
|
3.
(ASOCIOTIING)
·
Murid bertanya jawab
tentang cara merawat hewan dan tumbuhan
·
Melalui pengamatan
gambar merawat hewan dan tumbuhan, siswa dapat membandingkan kegiatannya
dengan siswa lain
·
(eksplorasi
dan elaborasi, menyimak dan menalar)
|
|
|
4.
Murid
membentuk kelompok berdasarkan teman
satu bangku/2 orang (asumsi 1 kelas 10 siswa) dengan cara siswa mengambil nomor di meja guru. (nomor
merupakan penanda dari kelompok)
5.
Masing-masing siswa mengidentifikasi
gambar dan mencatat hasil identifikasi(kegiatan merawat
hewan dan tumbuhan). (eksplorasi, elaborasi, menyimak, menalar,
mengkomunikasikan)
6.
Murid
berelaborasi dengan teman sebangku tentang kegiatan merawat hewan dan
tumbuhan(mengkomunikasikan)
7.
Setelah
tercapai kesepakatan dengan teman sebangku, siswa mendiskusikan dengan
kelompok pasangan yang lain (Think Pair Share)
|
|
|
|
Penilaian proses:
a.
Guruberkeliling
mengamati kerjasama anak dalam mengerjakan tugas.
b.
Menilai
kerjasamanya, tanggung jawabnya, kedisiplinannya, ke aktifannya, mendominasi
atau tidak dsb)
c.
Menilai
dengan lembar pengamatan perilaku.
|
|
Gambar-gambar
untuk Example
Kelompok
gambar kegiatan anak merawat hewan dan tumbuhan
·
Gambar
kegiatan anak member makan hewan
·
Gambar
kegiatan anak menyiram dan member pupuk tumbuhan
Keterangan:
Diharapkan diskusi akan berkembang pada pembahasan arti pentingnya peduli terhadap hewan dan tumbuhan
|
|
|
Penutup
|
1.
Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
|
5 menit
|
2.
Bertanya
jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil
ketercapaian materi)
3.
Melakukan penilaian hasil belajar
|
|
|
4.
Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran)
|
|
|
|
|
Deskripsi kegiatan
Observing
Gambar memandikan hewan Gambar
member makan hewan
Gambar menggembalakan hewan
gambar
menanam bunga
Gambar menyiram bunga gambar member pupuk
pada tanaman
2.
SUMBER DAN MEDIA
·Daun kering atau bahan lain dari alam dan
bulu ayam/burung/bebek.
·Buku TematikKelas I
·Video/slide/gambar tentang kegiatan anak di rumah pada
waktu pagi hari
3.
PENILAIAN
- Prosedur Penilaian
·
Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan
kegiatan akhir.
- Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses
1)
Penilaian
Kinerja
2)
Penilaian
Produk
b. Penilaian Hasil Belajar
· Pilihan
ganda
Mengetahui Guru
Kelas 4
Assesor,
Raisa Andriana, M.Si Tiara
anindita
NIA.0713602004 NO.
PESERTA 13040402710365
PENILAIAN NON TES:
A. Penilaian Kinerja
1. Kinerja dalam
Menyelesaikan Tugas Kelompok
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek
|
Jumlah
|
Nilai
|
|||
Kerjasama
|
Keaktifan
|
Menghargai pendapat teman
|
Tanggung jawab
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
Skor:
1=Kurang
2=Cukup
3=Baik
4=Sangat
Baik
Skor
maksimal=16
Skor perolehan
Nilai = X 100
Skor Maksimal
2. Penilaian Kinerja dalam menyelesaikan tugas
Presentasi
No.
|
Nama Peserta Didik
|
A s p e k
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||||
Komuni-kasi
|
Sistematika penyampaian
|
Penguasaan pengetahuan/Materi
|
Keberanian
|
Antusi-as
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Skor :
Komunikasi: Sistematika
Penyampaian:
1 = Tidak dapat berkomunikasi 1
= Tidak sistematis
2 = Komunikasi agak lancar,
tetapi sulit dimengerti 2
= Sistematis,uraian krng,tdk jelas
3 = Komunikasi lancar tetapi
kurang jelas dimengerti 3
= Sistematis, uraian cukup
4 = Komunikasi sangat lancar, benar dan jelas 4 = Sistematis,
uraian luas, jelas
Wawasan: Keberanian:
1 =
Tidak menunjukkan pengetahua/ materi 1
= Tidak ada keberanian
2 =
Sedikit memiliki
pengetahuan/materi 2
= Kurang berani
3 =
Memiliki pengetahuan/materi
tetapi kurang luas 3
= Berani
4 =
Memeiliki pengetahuan/materi yang
luas 4
= Sangat berani
Antusias:
1 = Tidak antusias
2 = Kurang antusias
3 = Antusias tetapi kurang kontrol
4 = Antusias dan terkontrol
Skor maksimal=20
Skor perolehan
Nilai = X 100
Skor
Maksimal
B. Penilaian Produk
1. PRODUK GAMBAR BANGUN DATAR DAN BANGUN
RUANG
No.
|
Nama
Peserta Didik
|
A s p e k
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|||
Ketepatan
menentu kan benda dengan persegi
|
Ketepatan
menggam-bar persegi
|
Banyaknya
benda dan gambar yang dibuat
|
Kerapian
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Skor:
Aspek ke-1 dan ke-2
1=Kurang
2=Cukup
3=Baik
4=Sangat Baik
|
Aspek ke-3
1=Jika mengidentifikasi 3 -4
2=Jika mengidentifikasi ≥5
|
Skor
maksimal=10
Skor perolehan
Nilai = X 100
Skor
Maksimal
Penilaian hasil belajar
Pilihan ganda
1. Banyak pohon ditebang
menyebabkan …..
a.
Banjir
b.
Kebakaran
c.
Angin
topan
d.
Tsunami
2. Pada rantai makanan, yang
berada pada tingkat produsen adalah…
a.
Harimau
b.
Elang
c.
Ular
d.
Rumput
3. Penghargaan bagi orang
yang menyelamatkan lingkungan adalah….
a.
Adipura
b.
Thomas
cup
c.
World
cup
d.
Kalpataru
4. Gotong-royong yang biasa
dilakukan di masyarakat adalah
a.
Kerja
bakti
b.
Bercocok
tanam
c.
Berkebun
d.
Berkelahi
5. Dimas membeli semangka
sebanyak 3 buah. Setelah sampai di rumah ternyata ada 12 orang.berapa banyak
dimas membagi 3 buah semangka kepada 12 orang …
a.
12/3
b.
6/2
c.
3/12
d.
9/36
(RPP)
Satuan pendidikan : SD Negeri Budi Pekerti
Kelas / semester :
4 / 2
Tema / topic : Peduli Terhadap Makhluk Hidup/Hewan dan Tumbuhan dilingkungan
Rumahku
Petemuan ke : 1
Semester : 2 (dua)
Alokasi
waktu : 30 menit
KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KOMPETENSI DASAR
PPKn
3.3.. Menghargai kebhinekatunggalikaan dan keberagaman agama,
suku bangsa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, bahasa, pakaian
tradisional, sosial, dan ekonomi dilingkungan rumah,sekolah dan masyarakat
sekitar.
BAHASA INDONESIA
4.4 Mengakui dan mensyukuri
anugrah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat tekhnologi modern
dan tradisional, perkembangan teknologi social.
MATEMATIKA
2.4. Menunjukkan perilaku patuh, tertib dan
mengikuti prosedur dalam melakukan operasi hitung campuran
IPS
3.5 Memahami manusia dalam dinamika
interaksi dengan lingkungan alam, social, budaya dan ekonomi
IPA
3.1 Bertambahan
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dengan kompleksitas alam dan
jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya
dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
INDIKATOR
PPKn
1. Menjelaskan keselarasan
hidup antara hewan dan tumbuhan terhadap manusia dalam lingkungan sehari-hari
BAHASA INDONESIA
1. Menceritakan tentang kebiasaan hewan peliaharaan dan keanekaragaman
jenis tumbuhan
MATEMATIKA
1.
Menentukan
pecahan setelah mengamati gambar dan melengkapi table
IPA
1.
Menjelaskan
bentuk luar (morfologi) tubuh hewan dan fungsinya setelah mengamati gambar
IPS
1.
Menjelaskan
interaksi social,alam, budaya dan ekonomi yang berkaitan dengan hewan dan
tumbuhan
TUJUAN
1.
Setelah
mengamati gambar dan melengkapi tabel, siswa mampu menentukan nilai
2.
pecahan
dengan benar.
3.
Setelah melakukan eksplorasi dengan gambar dan diskusi
kelas, siswa mampu menentukan
4.
pecahan
yang senilai dengan pecahan yang ditentukan.
5.
Setelah mengamati gambar, siswa mampu menjelaskan
bentuk luar (morfologi) tubuh
hewan
dan fungsinya dengan benar.
6.
Dengan menggunakan bahan alam dan barang bekas, siswa
mampu membuat karya
C. MATERI
PPKn
v
Mengamati contoh keselarasan antara
hewan dan tumbuhan terhadap manusia
Contoh:
setiap hari libur sekolah, ima selalu merawat hewan peliharaan dan bunga- bunga
di taman.
BAHASA INDONESIA
v
Membuat puisi yang bertemakan hewan dan
tumbuhan
Contoh
:
Kupu-kupu
Kau
begitu indah
Kau
begitu cantik
Inginku
memeliharamu
MATEMATIKA
v
Menentukan pecahan angka,
siswa dapat membuat table berdasarkan pengamatan terhadap hewan dan tumbuhan
Contoh
: ayam 5 + sapi 3 + kelinci 5 = 13 hewan
Bunga
mawar 3 tangkai + bung melati 6 tangkai =
bunga
IPA
v
Menjelaskan
tentang struktur hewan dan tumbuhan disekitar tempat tinggal
Contoh
: perbedaan kucing angora dan kucing hutan
IPS
v
Menceritakan
tentang interaksi alam, social, budaya dan ekonomi
Contoh
: sapi membutuhkan makanan. Dia memakan rumput.
PENDEKATAN
& METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Peer Lessons
Teknik : Example
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah
1.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
siswa
berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan
pembelajaran)
2.
Guru
mengecek kehadiran siswa
3.
Semua Siswa menyanyi “ANAK
GEMBALA dan LIHAT KEBUNKU”
4.
Dilanjutkan
dengan bertanya jawab tentang syair lagu, apa yang digembalakan. Dan apa yang
ada didalam kebun
5.
Menginformasikan
Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang
“PEDULI TERHADAP HEWAN DAN TUMBUHAN”
|
5 menit
|
Inti
|
1.
(OBSERVING) mengamati gambar tentang kegiatan anak yang merawat
hewan ternak dan tumbuhan. (sesuai
dengan LKS) eksplorasi, mengamati, menyimak, mendengar)
Gambar anak mencakup
ciri-ciri:
·
Anak memandikan hewan
·
Anak
memberi makan hewan
·
Anak
mengembalakan hewan
·
Anak
menanam bunga
·
Anak
menyiram bunga
·
Anak
memberi pupuk
Jawaban berkembang sesuai dengan lingkungan sehari-hari hasil eksplorasi serta kemampuan siswa
|
20 menit
|
|
2.
(QUESTIONING)
·
Bertanya jawab tentang
kegiatan di rumah pada saat pagi hari
·
Memberikan
kesempatan kepada siswa lain untuk menjawab.
·
Pemerataan
siswa dalam menjawab (tidak di dominasi oleh salah satu siswa saja).
·
Memperhatikan
siswa lain yang tidak berani memberikan jawaban.
·
Mendorong keberanian siswa dalam menjawab dan sikap siswa dalam memberikan klarifikasi tentang benar dan tidaknya jawaban.
|
|
3.
(ASOCIOTIING)
·
Murid bertanya jawab
tentang cara merawat hewan dan tumbuhan
·
Melalui pengamatan
gambar merawat hewan dan tumbuhan, siswa dapat membandingkan kegiatannya
dengan siswa lain
·
(eksplorasi
dan elaborasi, menyimak dan menalar)
|
|
|
4.
Murid
membentuk kelompok berdasarkan teman
satu bangku/2 orang (asumsi 1 kelas 10 siswa) dengan cara siswa mengambil nomor di meja guru. (nomor
merupakan penanda dari kelompok)
5.
Masing-masing siswa mengidentifikasi
gambar dan mencatat hasil identifikasi(kegiatan merawat
hewan dan tumbuhan). (eksplorasi, elaborasi, menyimak, menalar,
mengkomunikasikan)
6.
Murid
berelaborasi dengan teman sebangku tentang kegiatan merawat hewan dan
tumbuhan(mengkomunikasikan)
7.
Setelah
tercapai kesepakatan dengan teman sebangku, siswa mendiskusikan dengan
kelompok pasangan yang lain (Think Pair Share)
|
|
|
|
Penilaian proses:
a.
Guruberkeliling
mengamati kerjasama anak dalam mengerjakan tugas.
b.
Menilai
kerjasamanya, tanggung jawabnya, kedisiplinannya, ke aktifannya, mendominasi
atau tidak dsb)
c.
Menilai
dengan lembar pengamatan perilaku.
|
|
Gambar-gambar
untuk Example
Kelompok
gambar kegiatan anak merawat hewan dan tumbuhan
·
Gambar
kegiatan anak member makan hewan
·
Gambar
kegiatan anak menyiram dan member pupuk tumbuhan
Keterangan:
Diharapkan diskusi akan berkembang pada pembahasan arti pentingnya peduli terhadap hewan dan tumbuhan
|
|
|
Penutup
|
1.
Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
|
5 menit
|
2.
Bertanya
jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil
ketercapaian materi)
3.
Melakukan penilaian hasil belajar
|
|
|
4.
Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran)
|
|
|
|
|
Deskripsi kegiatan
Observing
Gambar memandikan hewan Gambar
member makan hewan
Gambar menggembalakan hewan
gambar
menanam bunga
Gambar menyiram bunga gambar member pupuk
pada tanaman
2.
SUMBER DAN MEDIA
·Daun kering atau bahan lain dari alam dan
bulu ayam/burung/bebek.
·Buku TematikKelas I
·Video/slide/gambar tentang kegiatan anak di rumah pada
waktu pagi hari
3.
PENILAIAN
- Prosedur Penilaian
·
Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan
kegiatan akhir.
- Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses
1)
Penilaian
Kinerja
2)
Penilaian
Produk
b. Penilaian Hasil Belajar
· Pilihan
ganda
Mengetahui Guru
Kelas 4
Assesor,
Raisa Andriana, M.Si Tiara
anindita
NIA.0713602004 NO.
PESERTA 13040402710365
PENILAIAN NON TES:
A. Penilaian Kinerja
1. Kinerja dalam
Menyelesaikan Tugas Kelompok
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek
|
Jumlah
|
Nilai
|
|||
Kerjasama
|
Keaktifan
|
Menghargai pendapat teman
|
Tanggung jawab
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
Skor:
1=Kurang
2=Cukup
3=Baik
4=Sangat
Baik
Skor
maksimal=16
Skor perolehan
Nilai = X 100
Skor Maksimal
2. Penilaian Kinerja dalam menyelesaikan tugas
Presentasi
No.
|
Nama Peserta Didik
|
A s p e k
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||||
Komuni-kasi
|
Sistematika penyampaian
|
Penguasaan pengetahuan/Materi
|
Keberanian
|
Antusi-as
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Skor :
Komunikasi: Sistematika
Penyampaian:
1 = Tidak dapat berkomunikasi 1
= Tidak sistematis
2 = Komunikasi agak lancar,
tetapi sulit dimengerti 2
= Sistematis,uraian krng,tdk jelas
3 = Komunikasi lancar tetapi
kurang jelas dimengerti 3
= Sistematis, uraian cukup
4 = Komunikasi sangat lancar, benar dan jelas 4 = Sistematis,
uraian luas, jelas
Wawasan: Keberanian:
1 =
Tidak menunjukkan pengetahua/ materi 1
= Tidak ada keberanian
2 =
Sedikit memiliki
pengetahuan/materi 2
= Kurang berani
3 =
Memiliki pengetahuan/materi
tetapi kurang luas 3
= Berani
4 =
Memeiliki pengetahuan/materi yang
luas 4
= Sangat berani
Antusias:
1 = Tidak antusias
2 = Kurang antusias
3 = Antusias tetapi kurang kontrol
4 = Antusias dan terkontrol
Skor maksimal=20
Skor perolehan
Nilai = X 100
Skor
Maksimal
B. Penilaian Produk
1. PRODUK GAMBAR BANGUN DATAR DAN BANGUN
RUANG
No.
|
Nama
Peserta Didik
|
A s p e k
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|||
Ketepatan
menentu kan benda dengan persegi
|
Ketepatan
menggam-bar persegi
|
Banyaknya
benda dan gambar yang dibuat
|
Kerapian
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Skor:
Aspek ke-1 dan ke-2
1=Kurang
2=Cukup
3=Baik
4=Sangat Baik
|
Aspek ke-3
1=Jika mengidentifikasi 3 -4
2=Jika mengidentifikasi ≥5
|
Skor
maksimal=10
Skor perolehan
Nilai = X 100
Skor
Maksimal
Penilaian hasil belajar
Pilihan ganda
1. Banyak pohon ditebang
menyebabkan …..
a.
Banjir
b.
Kebakaran
c.
Angin
topan
d.
Tsunami
2. Pada rantai makanan, yang
berada pada tingkat produsen adalah…
a.
Harimau
b.
Elang
c.
Ular
d.
Rumput
3. Penghargaan bagi orang
yang menyelamatkan lingkungan adalah….
a.
Adipura
b.
Thomas
cup
c.
World
cup
d.
Kalpataru
4. Gotong-royong yang biasa
dilakukan di masyarakat adalah
a.
Kerja
bakti
b.
Bercocok
tanam
c.
Berkebun
d.
Berkelahi
5. Dimas membeli semangka
sebanyak 3 buah. Setelah sampai di rumah ternyata ada 12 orang.berapa banyak
dimas membagi 3 buah semangka kepada 12 orang …
a.
12/3
b.
6/2
c.
3/12
d.
9/36
Tidak ada komentar:
Posting Komentar