Rabu, 02 Desember 2015

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)





Satuan pendidikan          :  SD Negeri Budi Pekerti
Kelas / semester              : 4 / 2
Tema / topic                     :  Peduli Terhadap Makhluk Hidup/Hewan dan                         Tumbuhan dilingkungan Rumahku
Petemuan ke                    :  1
Semester                            :  2 (dua)
Alokasi waktu                   : 30 menit


KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya

KOMPETENSI DASAR
PPKn
3.3..  Menghargai kebhinekatunggalikaan dan keberagaman agama, suku bangsa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, bahasa, pakaian tradisional, sosial, dan ekonomi dilingkungan rumah,sekolah dan masyarakat sekitar.

   BAHASA INDONESIA
    4.4     Mengakui dan mensyukuri anugrah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan    sumber daya alam, alat tekhnologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi social.
     MATEMATIKA
   2.4.   Menunjukkan perilaku patuh, tertib dan mengikuti prosedur dalam melakukan operasi hitung campuran
IPS
3.5          Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, social, budaya dan ekonomi
       IPA
3.1         Bertambahan keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dengan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.

INDIKATOR
PPKn
1.      Menjelaskan keselarasan hidup antara hewan dan tumbuhan terhadap manusia dalam lingkungan sehari-hari

BAHASA INDONESIA
1.      Menceritakan tentang kebiasaan hewan peliaharaan dan keanekaragaman jenis tumbuhan
MATEMATIKA
1.      Menentukan pecahan setelah mengamati gambar dan melengkapi table
IPA
1.      Menjelaskan bentuk luar (morfologi) tubuh hewan dan fungsinya setelah mengamati gambar
IPS
1.      Menjelaskan interaksi social,alam, budaya dan ekonomi yang berkaitan dengan hewan dan tumbuhan
TUJUAN
1.      Setelah mengamati gambar dan melengkapi tabel, siswa mampu menentukan nilai
2.      pecahan dengan benar.
3.       Setelah melakukan eksplorasi dengan gambar dan diskusi kelas, siswa mampu menentukan
4.      pecahan yang senilai dengan pecahan yang ditentukan.
5.       Setelah mengamati gambar, siswa mampu menjelaskan bentuk luar (morfologi) tubuh
         hewan dan fungsinya dengan benar.
6.       Dengan menggunakan bahan alam dan barang bekas, siswa mampu membuat karya

C.     MATERI
PPKn
v   Mengamati contoh keselarasan antara hewan dan tumbuhan terhadap manusia
Contoh: setiap hari libur sekolah, ima selalu merawat hewan peliharaan dan bunga- bunga di taman.
BAHASA INDONESIA
v  Membuat puisi yang bertemakan hewan dan tumbuhan
Contoh :
Kupu-kupu
Kau begitu indah
Kau begitu cantik
Inginku memeliharamu
MATEMATIKA
v  Menentukan pecahan angka, siswa dapat membuat table berdasarkan pengamatan terhadap hewan dan tumbuhan
Contoh : ayam 5 + sapi 3 + kelinci 5 = 13 hewan
Bunga mawar 3 tangkai + bung melati 6 tangkai =  bunga
IPA
v  Menjelaskan tentang struktur hewan dan tumbuhan disekitar tempat tinggal
Contoh : perbedaan kucing angora dan kucing hutan
IPS
v  Menceritakan tentang interaksi alam, social, budaya dan ekonomi
Contoh : sapi membutuhkan makanan. Dia memakan rumput.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan               : Scientific
Strategi                      : Peer Lessons
Teknik                        : Example
Metode                      : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah



1.        KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
1.      siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
2.      Guru mengecek kehadiran siswa
3.       Semua Siswa menyanyi  ANAK GEMBALA dan LIHAT KEBUNKU”
4.      Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang syair lagu, apa yang digembalakan. Dan apa yang ada didalam kebun
5.      Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang
“PEDULI TERHADAP HEWAN DAN TUMBUHAN”
5 menit
Inti
1.      (OBSERVING) mengamati gambar tentang kegiatan anak yang merawat hewan ternak dan tumbuhan.  (sesuai dengan LKS) eksplorasi, mengamati, menyimak, mendengar)
Gambar anak mencakup ciri-ciri:
·        Anak  memandikan hewan
·        Anak memberi makan hewan
·        Anak mengembalakan hewan
·        Anak menanam bunga
·        Anak menyiram bunga
·        Anak memberi pupuk
Jawaban berkembang sesuai dengan lingkungan sehari-hari  hasil eksplorasi serta kemampuan  siswa

20  menit

2.      (QUESTIONING)
·        Bertanya jawab tentang kegiatan di rumah pada saat pagi hari
  • Mendengarkan jawaban siswa kegiatan anak saat merawat binatang dan tumbuhan yang disukai
·        Memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk menjawab.
·        Pemerataan siswa dalam menjawab (tidak di dominasi oleh salah satu siswa saja).
·        Memperhatikan siswa lain yang tidak berani memberikan jawaban.
·        Mendorong  keberanian siswa dalam menjawab dan sikap siswa dalam memberikan klarifikasi  tentang benar dan tidaknya jawaban.


3.      (ASOCIOTIING)
·        Murid bertanya jawab tentang cara merawat hewan dan tumbuhan
·        Melalui pengamatan gambar merawat hewan dan tumbuhan, siswa dapat membandingkan kegiatannya dengan siswa lain
·         (eksplorasi dan elaborasi, menyimak dan menalar)


4.      Murid membentuk kelompok  berdasarkan teman satu bangku/2 orang (asumsi 1 kelas 10 siswa) dengan cara siswa mengambil nomor di meja guru. (nomor merupakan penanda dari kelompok)
5.      Masing-masing siswa mengidentifikasi gambar dan mencatat hasil identifikasi(kegiatan merawat hewan dan tumbuhan). (eksplorasi, elaborasi, menyimak, menalar, mengkomunikasikan)
6.      Murid berelaborasi dengan teman sebangku tentang kegiatan merawat hewan dan tumbuhan(mengkomunikasikan)
7.      Setelah tercapai kesepakatan dengan teman sebangku, siswa mendiskusikan dengan kelompok pasangan yang lain (Think Pair Share)



Penilaian proses:
a.      Guruberkeliling mengamati kerjasama anak dalam mengerjakan tugas.
b.      Menilai kerjasamanya, tanggung jawabnya, kedisiplinannya, ke aktifannya, mendominasi atau tidak dsb)
c.      Menilai dengan lembar pengamatan perilaku.


Gambar-gambar untuk Example
Kelompok gambar kegiatan anak merawat hewan dan tumbuhan
·        Gambar kegiatan anak member makan hewan
·        Gambar kegiatan anak menyiram dan member pupuk tumbuhan

Keterangan:
Diharapkan diskusi akan berkembang pada pembahasan arti pentingnya peduli terhadap hewan dan tumbuhan


Penutup
1.      Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
5 menit
2.      Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3.      Melakukan penilaian hasil belajar

4.      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)


  • Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
  • Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan


Deskripsi kegiatan
Observing

Gambar memandikan hewan                                        Gambar member makan hewan

Gambar menggembalakan hewan                          gambar menanam bunga


Gambar menyiram bunga                                       gambar member pupuk pada tanaman



2.               SUMBER DAN MEDIA
·Daun kering atau bahan lain dari alam dan bulu ayam/burung/bebek.
·Buku TematikKelas I
·Video/slide/gambar tentang kegiatan anak di rumah pada waktu pagi hari
3.        PENILAIAN

  1. Prosedur Penilaian
·        Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.

  1. Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses
1)   Penilaian Kinerja
2)   Penilaian Produk

b.     Penilaian Hasil Belajar
·      Pilihan ganda


Mengetahui                                                                                                 Guru Kelas 4
Assesor,                                                                                         




Raisa Andriana, M.Si                                                                                 Tiara anindita   
NIA.0713602004                                                                                         NO. PESERTA 13040402710365



PENILAIAN NON TES:

A.        Penilaian Kinerja
1.        Kinerja dalam Menyelesaikan Tugas Kelompok

No.
Nama Peserta Didik
Aspek
Jumlah
Nilai
Kerjasama
Keaktifan
Menghargai pendapat teman
Tanggung jawab









































Keterangan Skor:
1=Kurang
2=Cukup
3=Baik
4=Sangat Baik

Skor maksimal=16

                          Skor perolehan
Nilai     =                                            X  100
                          Skor Maksimal
  2.                     Penilaian Kinerja dalam menyelesaikan tugas Presentasi

No.
Nama Peserta Didik
A s p e k
Jumlah
Skor
Nilai
Komuni-kasi
Sistematika penyampaian
Penguasaan pengetahuan/Materi
Keberanian
Antusi-as























































Keterangan Skor :
                                                           
Komunikasi:                                                                                             Sistematika Penyampaian:
1 = Tidak dapat berkomunikasi                                                             1 = Tidak sistematis
2 = Komunikasi agak lancar, tetapi sulit dimengerti                         2 = Sistematis,uraian krng,tdk jelas
3 = Komunikasi lancar tetapi kurang jelas dimengerti                      3 = Sistematis, uraian cukup
4 = Komunikasi  sangat lancar, benar dan jelas                                 4 = Sistematis, uraian luas, jelas

Wawasan:                                                                                                 Keberanian:
1 =  Tidak menunjukkan pengetahua/ materi                                    1 = Tidak ada keberanian
2 =  Sedikit  memiliki pengetahuan/materi                                         2 = Kurang berani
3 =  Memiliki pengetahuan/materi  tetapi kurang luas                    3 = Berani
4 =  Memeiliki pengetahuan/materi yang  luas                                 4 = Sangat berani

Antusias:
1 = Tidak antusias
2 = Kurang antusias
3 = Antusias tetapi kurang kontrol
4 = Antusias dan terkontrol

Skor maksimal=20

                                      Skor perolehan
Nilai     =                                                        X  100
                                      Skor Maksimal

B.    Penilaian Produk
1. PRODUK GAMBAR  BANGUN DATAR DAN BANGUN RUANG
No.
Nama Peserta Didik
A s p e k
Jumlah
Skor
Nilai
Ketepatan menentu kan benda dengan persegi
Ketepatan menggam-bar persegi
Banyaknya benda dan gambar yang dibuat
Kerapian










































Keterangan Skor:
Aspek ke-1 dan ke-2
1=Kurang
2=Cukup
3=Baik
4=Sangat Baik


Aspek ke-3
1=Jika mengidentifikasi 3 -4
2=Jika mengidentifikasi ≥5


Skor maksimal=10

                                      Skor perolehan
Nilai     =                                                        X  100
                                      Skor Maksimal


Penilaian hasil belajar
Pilihan ganda
1.      Banyak pohon ditebang menyebabkan …..
a.      Banjir
b.      Kebakaran
c.      Angin topan
d.      Tsunami
2.      Pada rantai makanan, yang berada pada tingkat produsen adalah…
a.      Harimau
b.      Elang
c.      Ular
d.      Rumput
3.      Penghargaan bagi orang yang menyelamatkan lingkungan adalah….
a.      Adipura
b.      Thomas cup
c.      World cup
d.      Kalpataru
4.      Gotong-royong yang biasa dilakukan di masyarakat adalah
a.      Kerja bakti
b.      Bercocok tanam
c.      Berkebun
d.      Berkelahi
5.      Dimas membeli semangka sebanyak 3 buah. Setelah sampai di rumah ternyata ada 12 orang.berapa banyak dimas membagi 3 buah semangka kepada 12 orang …
a.      12/3
b.      6/2
c.      3/12
d.      9/36






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan pendidikan          :  SD Negeri Budi Pekerti
Kelas / semester              : 4 / 2
Tema / topic                     :  Peduli Terhadap Makhluk Hidup/Hewan dan                         Tumbuhan dilingkungan Rumahku
Petemuan ke                    :  1
Semester                            :  2 (dua)
Alokasi waktu                   : 30 menit


KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya

KOMPETENSI DASAR
PPKn
3.3..  Menghargai kebhinekatunggalikaan dan keberagaman agama, suku bangsa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, bahasa, pakaian tradisional, sosial, dan ekonomi dilingkungan rumah,sekolah dan masyarakat sekitar.

   BAHASA INDONESIA
    4.4     Mengakui dan mensyukuri anugrah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan    sumber daya alam, alat tekhnologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi social.
     MATEMATIKA
   2.4.   Menunjukkan perilaku patuh, tertib dan mengikuti prosedur dalam melakukan operasi hitung campuran
IPS
3.5          Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, social, budaya dan ekonomi
       IPA
3.1         Bertambahan keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dengan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.

INDIKATOR
PPKn
1.      Menjelaskan keselarasan hidup antara hewan dan tumbuhan terhadap manusia dalam lingkungan sehari-hari

BAHASA INDONESIA
1.      Menceritakan tentang kebiasaan hewan peliaharaan dan keanekaragaman jenis tumbuhan
MATEMATIKA
1.      Menentukan pecahan setelah mengamati gambar dan melengkapi table
IPA
1.      Menjelaskan bentuk luar (morfologi) tubuh hewan dan fungsinya setelah mengamati gambar
IPS
1.      Menjelaskan interaksi social,alam, budaya dan ekonomi yang berkaitan dengan hewan dan tumbuhan
TUJUAN
1.      Setelah mengamati gambar dan melengkapi tabel, siswa mampu menentukan nilai
2.      pecahan dengan benar.
3.       Setelah melakukan eksplorasi dengan gambar dan diskusi kelas, siswa mampu menentukan
4.      pecahan yang senilai dengan pecahan yang ditentukan.
5.       Setelah mengamati gambar, siswa mampu menjelaskan bentuk luar (morfologi) tubuh
         hewan dan fungsinya dengan benar.
6.       Dengan menggunakan bahan alam dan barang bekas, siswa mampu membuat karya

C.     MATERI
PPKn
v   Mengamati contoh keselarasan antara hewan dan tumbuhan terhadap manusia
Contoh: setiap hari libur sekolah, ima selalu merawat hewan peliharaan dan bunga- bunga di taman.
BAHASA INDONESIA
v  Membuat puisi yang bertemakan hewan dan tumbuhan
Contoh :
Kupu-kupu
Kau begitu indah
Kau begitu cantik
Inginku memeliharamu
MATEMATIKA
v  Menentukan pecahan angka, siswa dapat membuat table berdasarkan pengamatan terhadap hewan dan tumbuhan
Contoh : ayam 5 + sapi 3 + kelinci 5 = 13 hewan
Bunga mawar 3 tangkai + bung melati 6 tangkai =  bunga
IPA
v  Menjelaskan tentang struktur hewan dan tumbuhan disekitar tempat tinggal
Contoh : perbedaan kucing angora dan kucing hutan
IPS
v  Menceritakan tentang interaksi alam, social, budaya dan ekonomi
Contoh : sapi membutuhkan makanan. Dia memakan rumput.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan               : Scientific
Strategi                      : Peer Lessons
Teknik                        : Example
Metode                      : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah



1.        KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
1.      siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
2.      Guru mengecek kehadiran siswa
3.       Semua Siswa menyanyi  ANAK GEMBALA dan LIHAT KEBUNKU”
4.      Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang syair lagu, apa yang digembalakan. Dan apa yang ada didalam kebun
5.      Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang
“PEDULI TERHADAP HEWAN DAN TUMBUHAN”
5 menit
Inti
1.      (OBSERVING) mengamati gambar tentang kegiatan anak yang merawat hewan ternak dan tumbuhan.  (sesuai dengan LKS) eksplorasi, mengamati, menyimak, mendengar)
Gambar anak mencakup ciri-ciri:
·        Anak  memandikan hewan
·        Anak memberi makan hewan
·        Anak mengembalakan hewan
·        Anak menanam bunga
·        Anak menyiram bunga
·        Anak memberi pupuk
Jawaban berkembang sesuai dengan lingkungan sehari-hari  hasil eksplorasi serta kemampuan  siswa

20  menit

2.      (QUESTIONING)
·        Bertanya jawab tentang kegiatan di rumah pada saat pagi hari
  • Mendengarkan jawaban siswa kegiatan anak saat merawat binatang dan tumbuhan yang disukai
·        Memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk menjawab.
·        Pemerataan siswa dalam menjawab (tidak di dominasi oleh salah satu siswa saja).
·        Memperhatikan siswa lain yang tidak berani memberikan jawaban.
·        Mendorong  keberanian siswa dalam menjawab dan sikap siswa dalam memberikan klarifikasi  tentang benar dan tidaknya jawaban.


3.      (ASOCIOTIING)
·        Murid bertanya jawab tentang cara merawat hewan dan tumbuhan
·        Melalui pengamatan gambar merawat hewan dan tumbuhan, siswa dapat membandingkan kegiatannya dengan siswa lain
·         (eksplorasi dan elaborasi, menyimak dan menalar)


4.      Murid membentuk kelompok  berdasarkan teman satu bangku/2 orang (asumsi 1 kelas 10 siswa) dengan cara siswa mengambil nomor di meja guru. (nomor merupakan penanda dari kelompok)
5.      Masing-masing siswa mengidentifikasi gambar dan mencatat hasil identifikasi(kegiatan merawat hewan dan tumbuhan). (eksplorasi, elaborasi, menyimak, menalar, mengkomunikasikan)
6.      Murid berelaborasi dengan teman sebangku tentang kegiatan merawat hewan dan tumbuhan(mengkomunikasikan)
7.      Setelah tercapai kesepakatan dengan teman sebangku, siswa mendiskusikan dengan kelompok pasangan yang lain (Think Pair Share)



Penilaian proses:
a.      Guruberkeliling mengamati kerjasama anak dalam mengerjakan tugas.
b.      Menilai kerjasamanya, tanggung jawabnya, kedisiplinannya, ke aktifannya, mendominasi atau tidak dsb)
c.      Menilai dengan lembar pengamatan perilaku.


Gambar-gambar untuk Example
Kelompok gambar kegiatan anak merawat hewan dan tumbuhan
·        Gambar kegiatan anak member makan hewan
·        Gambar kegiatan anak menyiram dan member pupuk tumbuhan

Keterangan:
Diharapkan diskusi akan berkembang pada pembahasan arti pentingnya peduli terhadap hewan dan tumbuhan


Penutup
1.      Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
5 menit
2.      Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3.      Melakukan penilaian hasil belajar

4.      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)


  • Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
  • Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan


Deskripsi kegiatan
Observing

Gambar memandikan hewan                                        Gambar member makan hewan

Gambar menggembalakan hewan                          gambar menanam bunga


Gambar menyiram bunga                                       gambar member pupuk pada tanaman



2.               SUMBER DAN MEDIA
·Daun kering atau bahan lain dari alam dan bulu ayam/burung/bebek.
·Buku TematikKelas I
·Video/slide/gambar tentang kegiatan anak di rumah pada waktu pagi hari
3.        PENILAIAN

  1. Prosedur Penilaian
·        Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.

  1. Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses
1)   Penilaian Kinerja
2)   Penilaian Produk

b.     Penilaian Hasil Belajar
·      Pilihan ganda


Mengetahui                                                                                                 Guru Kelas 4
Assesor,                                                                                         




Raisa Andriana, M.Si                                                                                 Tiara anindita   
NIA.0713602004                                                                                         NO. PESERTA 13040402710365



PENILAIAN NON TES:

A.        Penilaian Kinerja
1.        Kinerja dalam Menyelesaikan Tugas Kelompok

No.
Nama Peserta Didik
Aspek
Jumlah
Nilai
Kerjasama
Keaktifan
Menghargai pendapat teman
Tanggung jawab









































Keterangan Skor:
1=Kurang
2=Cukup
3=Baik
4=Sangat Baik

Skor maksimal=16

                          Skor perolehan
Nilai     =                                            X  100
                          Skor Maksimal
  2.                     Penilaian Kinerja dalam menyelesaikan tugas Presentasi

No.
Nama Peserta Didik
A s p e k
Jumlah
Skor
Nilai
Komuni-kasi
Sistematika penyampaian
Penguasaan pengetahuan/Materi
Keberanian
Antusi-as























































Keterangan Skor :
                                                           
Komunikasi:                                                                                             Sistematika Penyampaian:
1 = Tidak dapat berkomunikasi                                                             1 = Tidak sistematis
2 = Komunikasi agak lancar, tetapi sulit dimengerti                         2 = Sistematis,uraian krng,tdk jelas
3 = Komunikasi lancar tetapi kurang jelas dimengerti                      3 = Sistematis, uraian cukup
4 = Komunikasi  sangat lancar, benar dan jelas                                 4 = Sistematis, uraian luas, jelas

Wawasan:                                                                                                 Keberanian:
1 =  Tidak menunjukkan pengetahua/ materi                                    1 = Tidak ada keberanian
2 =  Sedikit  memiliki pengetahuan/materi                                         2 = Kurang berani
3 =  Memiliki pengetahuan/materi  tetapi kurang luas                    3 = Berani
4 =  Memeiliki pengetahuan/materi yang  luas                                 4 = Sangat berani

Antusias:
1 = Tidak antusias
2 = Kurang antusias
3 = Antusias tetapi kurang kontrol
4 = Antusias dan terkontrol

Skor maksimal=20

                                      Skor perolehan
Nilai     =                                                        X  100
                                      Skor Maksimal

B.    Penilaian Produk
1. PRODUK GAMBAR  BANGUN DATAR DAN BANGUN RUANG
No.
Nama Peserta Didik
A s p e k
Jumlah
Skor
Nilai
Ketepatan menentu kan benda dengan persegi
Ketepatan menggam-bar persegi
Banyaknya benda dan gambar yang dibuat
Kerapian










































Keterangan Skor:
Aspek ke-1 dan ke-2
1=Kurang
2=Cukup
3=Baik
4=Sangat Baik


Aspek ke-3
1=Jika mengidentifikasi 3 -4
2=Jika mengidentifikasi ≥5


Skor maksimal=10

                                      Skor perolehan
Nilai     =                                                        X  100
                                      Skor Maksimal


Penilaian hasil belajar
Pilihan ganda
1.      Banyak pohon ditebang menyebabkan …..
a.      Banjir
b.      Kebakaran
c.      Angin topan
d.      Tsunami
2.      Pada rantai makanan, yang berada pada tingkat produsen adalah…
a.      Harimau
b.      Elang
c.      Ular
d.      Rumput
3.      Penghargaan bagi orang yang menyelamatkan lingkungan adalah….
a.      Adipura
b.      Thomas cup
c.      World cup
d.      Kalpataru
4.      Gotong-royong yang biasa dilakukan di masyarakat adalah
a.      Kerja bakti
b.      Bercocok tanam
c.      Berkebun
d.      Berkelahi
5.      Dimas membeli semangka sebanyak 3 buah. Setelah sampai di rumah ternyata ada 12 orang.berapa banyak dimas membagi 3 buah semangka kepada 12 orang …
a.      12/3
b.      6/2
c.      3/12
d.      9/36




Tidak ada komentar:

Posting Komentar